5 Amalan Unggulan yang Harus Dimiliki Seorang Muslim

duniaislamku.com

Kita mungkin bertanya-tanya, amalan-amalan seperti apa yang harus kita lakukan untuk dapat masuk surga. Selain mengharap kepada ridha Allah. Banyak kisah yang tercatat dalam sejarah mengenai amalan-amalan istimewa para sahabat.

Seperti Abu Bakar yang menyedekahkan seluruh hartanya untuk Islam. Atau Khalid bin Walid yang memenangkan pasukan yang di pimpinnya saat perang. Atau seperti Bilal bin Rabah yang tak pernah putus wudhunya, sehingga ia dapat mendengar bunyi terompahnya di surga. Kisah-kisah tersebut tentunya menmberi kita inspirasi untuk diteladani.

Setiap amalan memiliki keutamaan, sebab ia dapat mengusir kesulitan-kesulitan yang kita hadapi. Seperti sedekah yang mendatangkan pahala, istighfar yang dapat mendatangkan rezeki, puasa yang dapat menjadi perisai, hingga silaturahmi yang mampu memperpanjang usia. Diantara banyaknya amalan, berikut amalan-amalan yang harus kita miliki:

1. Istiqomah

Istiqamah atau konsisten adalah kunci menjalankan amal ibadah. Baik itu ibadah wajib seperti sholat lima waktu atau ibadah sunnah seperti shalat rawatib. Rasulullah pernah bersabda dalam hadis riwayat muslim, “Amalan yang paling dicintai oleh Allah SWT adalah amalan yang berkelanjutan meskipun sedikit.”

Oleh karena itu, jika kita menjalankan sholat lima waktu diiringi sholat sunnah rawatib dengan istiqomah, maka keistiqomahan kita dapat menjadi amalan unggulan. Tidak hanya saat sholat, tapi juga jika istiqomah membaca Al-Qur’an, bersedekah, atau saat melakukan ibadah yang lainnya.

“5 Amalan Unggulan yang Harus Dimiliki Seorang Muslim”

2. Tidak Iri dan Dengki

Alkisah, ada seorang laki-laki yang Rasulullah menyebutnya sebanyak tiga kali sebagai lelali penghuni surga. Tidak ada yang istimewa pada diri laki-laki tersebut. Ia muncul di masjid dengan janggut yang basah oleh air wudhu dan sandal yang dijinjing.

Ia juga tidak rajin melaksanakan tahajud maupun dhuha, juga bersedekah. Akan tetapi di hatinya tidak pernah terbersit rasa iri dan dengki atas karunia yang Allah berikan kepada hambanya. Ia juga tidak pernah berbuat curang kepada seseorang.

Dari kisah di atas, kita diingatkan untuk menjaga hati dari rasa dengki dan iri yang dapat membuatnya kotor. Sebab hati yang kotor akan merusak diri kita.

3. Berakhlak Baik

Dalam hadis riwayat Ahmad dan Tirmidzi diriwayatkan,

“Dari Abu Dzar, berkata Rasulullah SAW: ‘Takutlah Allah dimanapun engkau berada, iringilah perbuatan buruk dengan perbuatan baik, dan berperilakulah kepada manusia dengan akhlak yang baik.”

Dari hadis di atas kita dianjurkan untuk berakhlak yang baik serta berbuat baik kepada sesama manusia.

Baca Juga Cara Mudah Agar Tidak Lapar dan Haus Saat Puasa

4. Berkata yang Baik

Dalam hadis riwayat Bukhari dikatakan, “barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, maka berkatalah yang baik, (atau kalau tidak bisa) diamlah.”

Berkata yang baik, bukan hanya mengatakan yang baik-baik saja. Termasuk di dalam berkata yang baik, ialah mengucap salam sebelum berbicara, mengucapkan kalimat-kalimat Allah, serta berbicara dengan mengingat Allah.

Di samping itu, berbicara yang baik juga menjaga lisan agar tidak riya’ (pamer), berdusta atau berbohong, ghibah atau bergunjing. Selain itu, menjaga perasaan lawan bicara juga termasuk bentuk implementasi dari berbicara yang baik.

5. Mencintai Saudara

Dalam hadis riwayat muslim, “Dari Anas, Rasulullah SAW berkata: ‘Demi Allah yang diriku berada di tangan-Nya, tidak beriman selamanya sampai ia mencintai saudaranya seperti ia mencintai dirinya sendiri’.”

Termasuk dalam mencintai saudara sesama muslim, adalah dengan memenuhi hak atasnya. Adapun hak setiap muslim atas muslim yang lainnya yaitu, menyampaikan salam ketika bertemu, memenuhi undangan, saling nasihat-menasihati dalam kebaikan, saling mendoakan saat bersin, menjenguk ketika sakit dan mengantarkan jenazahnya.

Nah, itulah 5 amalan unggulan yang harus dimiliki setiap muslim. Meskipun menerapkan semuanya secara langsung akan terasa sulit, Anda bisa mulai menerapkan amalan unggulan tersebut secara bertahap dan perlahan – lahan. Sehingga pada akhirnya amalan tersebut menjadi suatu kebiasaan baik yang melekat dalam diri Anda.

Comments

  1. Pingback: Amalan Sederhana yang Dapat Mengetuk Pintu Surga | Dunia Islamku

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *