5 Ilmuwan Muslim Paling Berpengaruh Beserta Penemuannya

duniaislamku.com

Pada kesempatan kali ini Dunia Islamku merangkum 5 dari sekian banyak ilmuan muslim di dunia yang berpengaruh, berdasarkan informasi dari beberapa sumber media termasuk Wikipedia.

1. Muḥammad bin Mūsā al-Khawārizmī (780 – 850)
duniaislamku.comMuḥammad bin Mūsā al-Khawārizmī atau dikenal juga AL-Khawarizmi, beliau adalah seorang ahli dalam bidang matematika, astronomi, astrologi, dan geografi yang berasal dari Persia.Salah satu karya / penemuannya yang paling fenomenal adalah kitab Al-Jabar. Buku / Kitab Al-Jabar membahas tentang solusi sistematik dari linear dan notasi kuadrat. Sehingga ia disebut juga sebagai Bapak Aljabar.

2. Ibnu Sina / Avicenna (986-1037)
duniaislamku.com
Ibnu Sina yang dikenal juga sebagai “Avicenna” hidup antara tahun 986-1037 M adalah seorang filsuf, ilmuwan, dan dokter asal kelahiran Persia (Iran). Ia juga seorang penulis yang produktif yang sebagian besar karyanya adalah tentang filosofi dan kedokteran.Salah satu karya / penemuannya yang sangat terkenal adalah sebuah kitab ensiklopedia kedokteran bernama al-Qānūn fī aṭ-Ṭibb.

3. Al-Jazari (Abad Pertengahan)
duniaislamku.comAl-Jazari adalah seorang Ilmuwan dalam bidang mekanik (atau dikenal juga ilmu robotik) yang hidup pada abad pertengahan. Beliau adalah penemu konsep robotika modern sekaligus penulis Kitáb fí ma’rifat al-hiyal al-handasiyya, sebuah kitab berisi ilmu pengetahuan mekanik.Al-Jazari juga mengembangkan prinsip hidrolik untuk menggerakkan mesin yang kemudian hari dikenal sebagai mesin robot.

4. Ibnu Haitham / Abu Ali Muhammad al-Hasan bin al-Haitsam (965 – 1039)
duniaislamku.comIbnu Haitham atau dikenal di kalangan ilmuwan barat sebagai Alhazen yang hidup pada tahun 965-1039M. Beliau adalah seorang ilmuwan Islam yang ahli dalam bidang sains, falak, matematika, geometri, pengobatan, dan filsafat.Penemuannya yang terkenal merupakan penelitian mengenai cahaya dan segala sesuatu yang berkaitan dengannya. Ia telah memberikan inspirasi kepada ahli sains dari dunia barat seperti Boger, Bacon, dan Kepler dalam menciptakan mikroskop serta teleskop. Dan dikenal sebagai bapak Optik.

5. Abu Musa Jabir bin Hayyan / Gebert (721-815)

duniaislamku.com

Abu Musa Jabir bin Hayyan atau dikenal dengan nama Geber di dunia Barat. Beliau merupakan seorang ahli kimia terkemuka yang diperkirakan lahir pada tahun 750 dan wafat pada tahun 803M. Ia mengembangkan teknik eksperimentasi sistematis di dalam penelitian kimia, sehingga setiap eksperimen dapat direproduksi kembali.

Sekian saja Rangkuman dari 5 Ilmuwan Muslim Paling Berpengaruh Beserta Penemuannya versi Dunia Islamku yang bersumber dari Wikipedia. Semoga informasi rangkuman diatas bermanfaat yaa.

3 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*