6 Adab Sebelum dan Sesudah Bangun Tidur Ala rasulullah SAW

6 Adab Sebelum dan Sesudah Bangun Tidur Ala rasulullah SAW

Tidur menjadi kebutuhan pokok setiap insan manusia. Dengan tidur, tenaga dan energi seseorang akan kembali bugar dan segar sehingga bisa lebih bersemangat lagi. Terlebih lagi, jika tidur dilakukan setelah seharian beraktivitas. Melepaskan rasa lelah dengan tidur memang sangat pas.

Berbicara tentang aktivitas tidur sendiri, bagi umat manusia tidak boleh lupa akan adab sebelum dan setelah tidur yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Dengan menerapkan adan sebelum tidur dan saat bangun tidur, kamu tidak hanya mendapatkan tidur lebih berkualitas melainkan juga mendapatkan pahala. Bagaimana adabnya? Begini ulasannya. (Baca Juga: Cara Menenangkan Pikiran dan Hati Yang Gelisah Dan Kacau Menurut Islam)

Adab sebelum tidur

Setidaknya ada 6 adab yang bisa dilakukan sebelum pergi tidur, seperti berikut ini:

  1. Hendaklah tidur dalam keadaan berwudhu. Umat muslim dianjurkan untuk berwudhu sebelum tidur. Rasulullah SAW bersabda bahwa jika ingin mendatangi tempat tidur, hendaklah berwudhu seperti salat, kemudian berbaring pada sisi kanan badan (HR. Bukhari dan Muslim).

  2. Setelah itu, berbaring pada sisi kanan. Dikatakan kalau posisi tidur ini merupakan posisi terbaik dan menjauhkan muslim dari segala godaan setan selama tidur.

  3. Selanjutnya, tiup kedua telapak tangan sembari membaca surah Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Naas sebanyak satu kali. Baru usapkan pada kedua telapak tangan pada wajah.

  4. Dilanjutkan dengan membaca atak kursi. Membaca ayat ini ditujukan agar bisa terhindar dari godaan setan. Rasulullah SAW pernah bersabda jika ingin berbaring di tempat tidur, baca ayat Kursi sehingga engkau akan senantiasa di jaga oleh Allah SWT dan setan tidak akan mendekat sampai pagi (HR. Bukhari).

  5. Adab selanjutnya adalah dengan membaca doa sebelum tidur. Doanya adalah “Bismika allahumma wa ahya amuutu”. Artinya, dengan nama-Mu, Ya Allah aku hidup dan aku mati.

  6. Adab terakhir adalah tidur di awal malam. Artinya, hindari begadang apalagi memang untuk hal – hal yang tidak berguna. Sebelum itu pastikan sudah sholat isya’ terlebih dahulu sebelum tidur.

Adab saat bangun tidur

Sama halnya dengan ada sebelum tidur, setidaknya ada 6 adab saat bangun tidur ala Rasulullah SAW yang bisa dilakukan setiap muslim, yakni seperti berikut ini

  1. Membersihkan bekas tidur pada wajah. Rasulullah SAW memiliki kebiasaan menyikap muka-Nya saat  bangun tidur. Seperti yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas, saat mulai pertengahan malam, beliau bangun dan duduk, kemudian mengusap bekas kantung yang ada pada wajah menggunakan tangannya (HR. Bukhari, Ahmad, Nasai dan lain sebagainya).

  2. Dilanjutkan dengan membaca doa bangun tidur. Doanya adalah “Alhamdulillahilladzii ahyaanaa bada maa amatanaa wa ilaihin nusyuur”. Artinya, Segala puji bagi-Mu ya Allah yang telah menghidupkan kami setelah kami mati (membangunkan kami dari tidur) dan hanya kepada-Mu kami bangkit. .

  3. Selanjutnya membaca 10 surah terakhir Ali Imran.

  4. Adab selanjutnya adalah menggosok gigi. Namun di jaman Rasulullah lebih dianjurkan untuk bersiwak.

  5. Dilanjutkan dengan membersihkan hidung. Untuk membersihkan hidung bisa dengan memasukan air menggunakan hidung dan kemudian dikeluarkan. Dianjurkan untuk melakukan sebanyak 3 kali setelah bangun tidur. Hal ini dilakukan untuk terhindar dari pengaruh setan dan segala tipu muslihatnya.

  6. Adab terakhir adalah dengan membasuh kedua tangan sebanyak tiga kali. Rasulullah SAW bersabda jangan sesekali untuk mencelupkan tangan ke tempat lain setelah bangun tidur, sebelum kamu membasuhnya sebanyak 3 kali sebab kamu tidak tahu tangan mana yang semalaman berada (HR. Muslim dan Bukhari).

Demikian adab yang bisa dilakukan umat muslim saat ingin berangkat tidur dan setelah bangun dari tidur.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*