8 Pintu Surga dan Cara Memasukinya

duniaislamku.com

Seorang muslim tentu saja mempercayai adanya hari pembalasan dan juga balasan amal berupa surga dan neraka. Bagi orang – orang yang taat kepada Allah, maka baginya surga. Sedangkan orang – orang yang melawan hukum Allah, maka mereka akan masuk ke neraka. Tapi tahukah Anda kalau surga memiliki 8 pintu surga yang bisa Anda pilih mau masuk dari mana.

Tentu saja untuk memasuki pintu surga tidak hanya sekedar memilih saja. Namun Anda juga perlu mengerjakan amalan sesuai dengan pintu surga yang ingin Anda masuki. Berikut ini adalah 8 pintu surga dan cara memasukinya.

1. Pintu Surga Pertama : Syuhada dan Dermawan

Di depan pintu surga pertama ini dikatakan ada lafadz dua kalimat syahadat. Yaitu “Laa ilaha illa Allah, Muhammad rasulullah”. Pintu ini merupakan pintu para nabi dan rasul. Dari pintu ini, para nabi dan rasul akan memasuki surga Allah.

Selain para nabi dan rasul, orang – orang yang syahid di jalan Allah dan para dermawan juga akan masuk dari pintu ini bersama – sama dengan para nabi dan rasul.

2 Pintu Surga kedua : Orang yang Menjaga Sholat

Pintu kedua ini adalah pintu bagi orang yang secara konsisten menjaga sholatnya. Yaitu orang yang selalu memperbaiki wudhu dan menyempurnakan setiap rukun dari sholat yang ia lakukan.

Dalam sebuah hadits diceritakan dari Uqbah bin Amir, ia mendapati Rasulullah saw berkhutbah di hadapan orang – orang, dan berkata:

“Tidaklah seorang muslim berwudhu, lalu memperbagus wudhunya, lalu ia melakukan sholat dua rakaat dengan sepenuh hati dan dalam dua rakaat tersebut ia menghadapkan hati dan wajahnya, melainkan ia pasti mendapatkan surga.” Akupun berkata: “Betapa bagusnya hal ini.” Tiba – tiba ada seseorang yang berbicara di hadapanku. Ia mengatakan bahwa sabda beliau yang sebelum itu lebih menarik lagi. Akupun melihatnya, ternyata dia adalah Umar. Ia berkata: “Sungguh, aku lihat engkau ini baru saja datang. Rosul telah bersabda: “Tidaklah salah seorang di antara kalian berwudhu, lalu menyempurnakan wudhunya, kemudian ia berdoa: Asyhadu anla ilaaha illallah wa anna muhammadan ‘abduhu wa rasuluh. Melainkan akan dibukakan untuknya pintu surga yang delapan. Ia bisa masuk dari pintu manapun yang ia suka.” (HR. Muslim)

3. Pintu Surga Ketiga: Orang yang Berzakat dan Ikhlas

Pintu ketiga adalah bagi orang – orang yang mengeluarkan zakat dengan ikhlas. Orang – orang yang rajin memberikan zakat atau infaq akan dipanggil oleh pintu surga ketiga ini untuk dimasuki.

Infaq dalam hal ini tidak terbatas dengan infaq harta saja. Jika Anda tidak memiliki harta, maka Anda tetap bisa masuk melalui pintu surga ini. Caranya adalah dengan melakukan infaq di jalan Allah dengan segala bentuk kebaikan yang bisa Anda lakukan.

4. Pintu Surga Keempat : Orang Yang Melakukan Amal Shaleh

Pintu surga keempat merupakan pintu surga yang Allah bukakan untuk orang – orang yang mengajak orang lain kepada kebaikan dan melarang dari kemungkaran. Orang – orang yang masuk melalui pintu surga keempat adalah mereka yang mengerjakan amal shaleh dengan ikhlas.

5. Pintu Surga Kelima : Orang yang Menjaga Diri dari Nafsu Syahwat

Pintu surga kelima adalah bagi orang yang berhasil mengontrol nafsu syahwatnya. Mengingat nafsu adalah hal yang dikemas dengan indah, apalagi di zaman ketika menyalurkan nafsu adalah hal yang terlihat wajar, tentu saja menahan nafsu menjadi hal yang sulit. Karena itu, Allah memberikan hadiah berupa kemudahan memasuki surga melalui pintu kelima ini bagi orang yang berhasil menaklukkan nafsu syahwatnya.

6. Pintu Surga Keenam : Orang yang Ikhlas Berhaji dan Umroh

Pintu surga keenam adalah bagi orang yang dengan ikhlas melakukan haji dan umroh. Pintu ini hanya bisa dilewati oleh orang yang telah melaksanakan ibadah haji dan umroh.

7. Pintu Surga Ketujuh : Orang yang Berjihad

Orang – orang yang berjihad memiliki keutamaan di sisi Allah. Karena itu, mereka yang telah berjihad akan bisa memasuki surga melewati pintu jihad yang Allah khususkan bagi mereka.

8. Pintu Surga Kedelapan : Orang yang Menjaga Puasa

Pintu kedelapan adalah pintu yang Allah siapkan spesial bagi orang – orang yang menjaga puasanya. Pintu kedelapan ini juga sering disebut sebagai pintu surga “Ar-Rayyaan”.

Itulah 8 pintu surga dan cara memasukinya. Banyaknya pintu surga ini merupakan bentuk kasih sayang Allah kepada hambanya. Dengan adanya banyak pintu surga, maka seorang hamba bisa memilih amalan unggul yang ingin ia perkuat agar bisa masuk dari salah satu pintu tersebut.

Tags Artikel : 8 pintu surga dan cara memasukinya. Macam – macam pintu surga.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *