Adab Makan dalam Islam

Adab Makan dalam Islam

Makan dan minum adalah suatu kegiatan yang selalu kita lakukan setiap hari. Makan dan minum ini sangat penting untuk menjaga agar tubuh tetap ternutrisi dengan baik sehingga bisa menjalankan aktivitas dan ibadah rutin kita. Dalam Islam, Nabi Muhammad memberikan beberapa cara makan agar kita tetap sehat dan tetap sesuai dengan syariat Islam. Lalu apa saja adab makan menurut Rasulullah SAW ?. (Baca Juga : Mulailah Untuk Belajar Ikhlas)

Makan Makanan yang Halal

Saat sebelum Anda makan pastikan dahulu makanan yang Anda makan adalah makanan yang halal. Makanan yang halal akan memberikan manfaat yang baik dan menghindarkan dari berbagai efek buruk yang bisa merusak tubuh. lebih baik Anda tidak memakan makanan yang masih ragu-ragu kehalalannya.

Ambil Makanan yang Terdekat

Saat makan bersama dengan orang lain lebih baik Anda mengambil makanan yang terdekat dengan posisi Anda. Hal itu berkaitan dengan norma kesopanan yang ada di masyarakat. Ambil makanan yang terdekat dan secukupnya saja yang kira-kira pas dengan porsi Anda.

Mencuci Tangan Sebelum Makan

Sebelum makan sebaiknya Anda mencuci tangan Anda sampai bersih. Menurut dunia kesehatan, mencuci tangan juga memiliki efek positif karena berguna untuk membunuh berbagai bakteri yang jahat dan bisa menyebabkan penyakit jika itu termakan.

Memulai Makan dengan Bacaan Bismillah

Sebelum makan, ucapkanlah basmalah terlebih dahulu. Dengan menyebut nama Allah maka insya Allah makanan tersebut akan lebih diberkahi dan bisa lebih bermanfaat bagi tubuh.

Makan dengan Menggunakan Tangan Kanan

Rasulullah SAW mengajarkan kita untuk makan dengan menggunakan tangan kanan. Pada lingkungan masyarakat kita, tangan kanan merupakan salah tangan yang baik, hal ini juga berkaitan dengan norma kesopanan dalam masyarakat kita.

Makan dan Minum Dalam Posisi Duduk

Rasulullah SAW juga mengajarkan kita untuk makan dan minum dalam posisi duduk. Hal ini juga dapat berkaitan dengan norma kesopanan yang ada pada Masyarakat dan membuat pencernaan Anda bisa bekerja lebih baik saat dimasuki makanan.

Tidak Mencela Makanan

Saat makan baik rasanya enak maupun rasanya kurang pas di lidah sebaiknya tidak mencelanya. Hal ini berkaitan dengan diri sendiri yang harusnya bersyukur dengan apa yang diberikan dan juga menyangkut perasaan orang yang memasaknya agar tidak kecewa.

Makan Dari Pinggir

Makan makanan Anda dari mulai makanan yang paling pinggir sehingga tidak berantakan dan lebih rapi serta lebih bersih sopan.

Menjilati Jari

Hal ini memang sunah Nabi, namun yang dimaksud adalah tidak menyia-nyiakan makanan dan makan makanan Anda sampai habis dan tidak bersisa.

Bersyukur

Setelah selesai makan sebaiknya Anda bersyukur kepada Allah atas limpahan rezeki akhirnya kita bisa makan. Anda bisa bersyukur dengan doa setelah makan atau membaca Hamdalah.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*