Adab yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan Kepada Non-Muslim

duniaislamku.com

Islam adalah agama yang menyeluruh. Bukan hanya memberikan aturan tentang ibadah, tapi juga bagaimana aturan main antara sesama manusia. Termasuk juga bagaimana adab seorang muslim kepada orang lain yang tidak memeluk agama islam.

Berikut ini adalah beberapa hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh seorang muslim kepada orang non – muslim.

Perkara yang Tidak Boleh Dilakukan

Sebagai orang muslim, bersikap baik kepada seluruh manusia adalah hal yang harus dilakukan. Tapi, tentu saja ada batasan – batasan yang jelas agar kedamaian antara umat beragama tetap tercipta.

1. Tidak boleh mengikuti agamanya

Islam mengizinkan seorang muslim berinteraksi dengan non – muslim. Akan tetapi, secara tegas Islam melaran seorang muslim mengikuti agama orang lain. Termasuk di dalamnya hal – hal yang berkaitan dengan itu. Seperti ritual dan kepercayaan yang ada di dalam agama tersebut.

Dalam surat al-Kaafirun secara tegas Allah mengatakan:
Katakanlah: “Hai orang-orang kafir, Aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah. Dan kamu bukan penyembah Tuhan yang aku sembah. Dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah, dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah Tuhan yang aku sembah. Untukmu agamamu, dan untukkulah, agamaku.

2. Tidak membantu merendahkan islam

Jika merendahkan saja tidak boleh, maka apalagi menghancurkannya. Meskipun seorang muslim berteman dengan non – muslim, namun dalam hal – hal yang merugikan Islam, maka seorang muslim harus lebih mengutamakan agamanya dibandingkan dengan temannya.

3. Dilarang meniru atau menyerupai

Dalam HR. Abu Daud dikatakan bahwa “Barang siapa menyerupai suatu kaum, maka ia menjadi bagian dari kaum tersebut”

Hadits ini secara jelas menyampaikan larangan untuk menyerupai apalagi sampai sama dengan suatu kaum. Jika hal yang ditiru tersebut adalah ciri khas suatu agama, maka dengan kata lain orang tersebut sudah menjadi bagian dari agama tersebut.

4. Tidak boleh menghadiri perayaan non – muslim

Menghadiri perayaan non muslim dianggap sebagai perbuatan yang tidak bermanfaat. Selain itu, orang muslim yang menghadiri perayaan non – muslim sama seperti orang yang tidak menjaga kehormatan dirinya.

5. Tidak menjadikannya teman dekat

Jika menjadi teman dekat saja tidak boleh, maka menjadikan mereka orang kepercayaan atau pemimpin akan lebih tidak boleh lagi.

6. Tidak menjadikannya suami

Seorang muslimah tidak boleh menikah dengan laki – laki non – muslim dan menjadikannya suami. Hal ini sesuai dengan larangan Allah dalam surat Al-Mumtahanan ayat 10.

7. Tidak memakan sembelihan non – Muslim

Orang islam memiliki cara tersendiri dalam menyembelih hewan. Tidak memakan hewan sembelihan non – muslim adalah bentuk kehati – hatian. Karena bisa jadi hewan tersebut tidak disembelih dengan cara islam sehingga jatuh menjadi haram.

8. Tidak mendoakan orang non – muslim yang sudah meninggal

Antara seorang muslim dengan orang yang non – muslim telah terlepas ikatannya dalam aqidah meskipun mereka memiliki hubungan darah. Sehingga seorang muslim tidak dapat mendoakan orang non – muslim yang sudah meninggal.

9. Tidak memakamkan dalam satu pemakaman

Para fuqaha telah sepakat bahwa pemakaman muslim dan non – muslim tidak boleh dicampur. Kecuali dalam kondisi tertentu yang memang darurat.

10. Tidak boleh menzhaliminya

Meskipun terdapat banyak larangan antara seorang muslim dengan non – muslim. Namun seorang muslim tetap harus menghormati orang non – muslim dan tidak boleh melakukan sesuatu yang menzhalimi orang – orang non muslim. Inilah bentuk keutamaan Islam dari agama – agama lainnya.

Perkara yang Boleh Dilakukan

Selain perkara – perkara yang tidak dibolehkan, ada banyak juga perkara yang boleh dilakukan antara seorang muslim dengan non – muslim. Yaitu:

1. Bermuamalah atau bergaul secara umum
2. Berjual beli atau menggunakan produk buatan non – muslim
3. Berbuat baik secara umum seperti memberi hadiah, bersikap sopan, dll.
4. Menjenguk ketika sakit
5. Menyambung silaturrahim dengan kerabat
6. Memakan makanan yang disajikan selama bukan daging sembelihan dan tidak mengandung zat yang haram
7. Memakan daging sembelihan ahli kitab selama tidak ada zat yang haram
8. Menikahi wanita ahlul kitab
9. Bersentuhan kulit kecuali dengan lawan jenis

Pada dasarnya, hukum dalam bermuamalah adalah boleh. Jadi, hal – hal yang berkaitan dengan muamalah, selama tidak bertentangan atau mengganggu aqidah seorang muslim, maka boleh untuk dilakukan.

Tags Artikel : Adab yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan Kepada Non-Muslim. Perkara / hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan terhadap Non-Muslim.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*