Berbagai Cara Menenangkan Pikiran dan Hati Yang Gelisah Dan Kacau Menurut Islam

Dunia Islamku

Setiap manusia pasti pernah yang namanya merasakan hati gelisah karena berbagai masalah yang dihadapi. Hati yang gelisah bisa membuyarkan pikiran sehingga berdampak pada hal – hal negative. Jangan biarkan hati kamu gelisah dan pikiran kacau secara terus menurus karena bisa menyebabkan yang namanya stress. Dalam islam sendiri ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menenangkan hati yang gelisah dan pikiran kacau, seperti berikut ini.

Hindari menyalahkan diri sendiri

Jika masalah datang, cara terbaik menenangkan hati dan pikiran adalah tidak menyalahkan diri sendiri. Apabila memang berbuat salah, coba maafkan diri kamu sendiri dan jangan biarkan batin kamu tersiksa. Setelah itu, baru perbaiki diri kamu menjadi lebih baik lagi.

Refreshing juga perlu

Refreshing bisa menjadi cara untuk membuat hati dan pikiran tenang. Tinggalkan sejenak rutinitas kamu dan lakukan perjalanan yang menyenangkan. Tidak perlu jauh – jauh dan mahal, refreshing bisa dengan camping di halaman rumah bersama keluarga atau teman.

Sholat

Sholat menjadi cara islam untuk menenangkan hati. Tidak hanya sebagai bentuk ibadah, setiap kalimat dalam bacaan sholat akan membantu kamu semakin dekat dengan sang Pencipta. Bahkan bisa menjadi penangkal segala kegelisahan hati dan pikiran. (Baca Juga: Cara Shalat Nabi Muhammad SAW)

Membaca surat yassin

Al – Quran diturunkan sebagai pedoman hidup bagi tiap manusia di dunia. Jika kamu ingin menenangkan hati dan pikiran dari segala masalah yang ada, cobalah untuk membaca surat Yassin. Surat ini bisa kamu baca setiap kali selesai melakukan sholat wajib.

Biasakan diri selalu dalam keadaan suci dari najis

Berwudhu atau membiasakan diri dari segala najis dan selalu suci bisa menjadi cara islami untuk membuat hati dan pikiran semakin tenang. Berwudhu menjadi cara untuk menyucikan diri dari najis, tetapi juga sebagai salah satu aktivitas positif untuk membuat stress tidak terjadi.

Lebih banyak melakukan sholat sunnah

Cara lainnya yang dilakukan umat muslim untuk membuat hati tenang adalah dengan melakukan sholat sunnah. Tidak hanya sholat wajib saja, sholat sunnah juga membuat kamu mendapatkan pahala serta hati tenang. Beberapa sholat sunnah yang bisa dilakukan adalah sholat dhuha, tahajud, hajat atau taubat. (Baca Juga: 3 Shalat Sunnah Utama yang Sayang Dilewatkan)

Jangan lupa istighfar dan berdzikir

Buat hati dan pikiran kamu lebih tenang lagi dengan memperbanyak istighfar dan dzikir. Setidaknya ada dua kalimat mustajab yang bisa kamu praktikan agar hati lebih tenang, yakni Hasbunallah Wa Ni’mal Wakil dan La Haula Wala Quwwata Illa Billah.

Singkirkan segala beban yang tidak perlu

Cara terbaik untuk membuat pikiran lebih tenang adalah menyingkirkan segala beban yang tidak perlu. Jangan sampai beban tersebut mengganggu aktivitas kamu. Coba ambil energi positif dari orang sekitar kamu.

Berhenti berpikiran negatif

Berhenti berpikiran negatif juga menjadi salah satu alternatif buat pikiran dan hati lebih tenang. Coba pejamkan mata dan tarik nafas dalam – dalam kemudian keluarkan. Buat pikiran kamu terbebas dari segala hal yang mengganggu.

Bangun dinding perlindungan

Lingkungan sekitar mungkin menjadi salah satu penyebab hati dan pikiran kacau. Untuk masalah ini, kamu bisa membangun dinding untuk membatasi diri dari orang – orang yang memiliki pengaruh buruk dalam hidup kamu.

Tanamkan rasa syukur

Cara terbaik untuk menenangkan hati dan pikiran yang sedang kacau adalah dengan mengasingkan diri sejenak. Kemudian coba ingat – ingat hal – hal yang terjadi dalam kehidupan kamu. Kemudian syukuri apa yang sudah kamu miliki saat ini. Niscaya pikiran dan hati akan lebih tenang dibandingkan sebelumnya

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*