Berikut Tips Menjaga Kesehatan ala Rasulullah

Kesehatan adalah prioritas dan mahal harganya. Namun, untuk menjadi sehat tidak berarti kita harus melakukan treatment yang mahal harganya. Dalam Islam, menjaga kesehatan sangatlah dianjurkan. Cara untuk menjaganya pun tidak sulit sebagaimana yang telah dituntunkan oleh Rasulullah SAW. Lalu, bagaimanakah cara menjaga kesehatan ala Rasulullah?

  1. Makan secukupnya

Rasulullah selalu memerintahkan kepada umatnya agar tidak berlebihan dalam hal apapun. Salah satunya adalah dalam hal menjaga konsumsi makanan. Anda bisa makan dalam porsi yang cukup, tidak terlalu sedikit dan tidak terlalu banyak. Makan makanan dalam porsi besar apalagi sampai berhamburan sangat tidak dianjurkan dalam Islam. Sedangkan untuk takaran dalam perut, setidaknya perut diisi oleh sepertiga makanan, sepertiga air dan sepertiga udara. Makan secukupnya, berhenti makan sebelum kenyang dan makanlah sebelum terasa lapar.

  1. Tidur lebih awal, bangun lebih cepat

Terlalu banyak tidur dampaknya menjadikan kita tidak produktif, sedangkan minim tidur berdampak pada kesehatan dan mudah merasa ngantuk. Untuk itu, cobalah untuk tidur lebih awal dan bangun lebih cepat. Rasulullah dalam kesehariannya tidur setidaknya sebelum jam 10 malam dan bangun pada sepertiga malam yang terakhir. Pada sepertiga malam tersebut, beliau memanfaatkan waktu tersebut untuk shalat malam. (Baca Juga : 6 Adab Sebelum dan Sesudah Bangun Tidur Ala Rasulullah SAW)

  1. Aktif olahraga

Sebagai panutan umatnya, Rasulullah sangat rajin berolahraga. Beberapa olahraga yang beliau geluti di antaranya adalah memanah, berenang dan berkuda. Tidak jarang, Rasulullah mengajak istrinya untuk berolahraga di pagi hari.

  1. Rajin puasa

Dalam Islam, puasa dipercaya dan terbukti mampu mengobati berbagai macam penyakit. Bahkan, dunia medis pun mengakui hal ini dimana pasien dianjurkan berpuasa untuk melawan penyakit yang diderita. Nabi menganjurkan puasa senin kamis bagi umatnya dimana puasa tersebut tidak hanya  untuk menjaga kesehatan, nabi juga mendapatkan pahala karena telah mengikuti sunnah Nabi.

  1. Rajin membersihkan gigi

Saat gigi berlubang, atau gusi bengkak, rasanya seluruh tubuh ikut ngilu dan sakitnya luar biasa. Rajin membersihkan gigi sangat dianjurkan dalam Islam yang salah satunya adalah dengan rajin bersiwak. Apa itu siwak? Siwak adalah akar dari pohon yang bernama Salvadora Persica. Beliau biasa membersihkannya setelah makan. Selain waktu-waktu tersebut, Rasulullah membersihkan gigi  sebelum dan sesudah tidur dan sebelum melakukan shalat.

Menjaga kesehatan ala Islam tidak membutuhkan biaya yang besar. Anda hanya perlu melakukan rutinitas setiap harinya seperti sunnah  yang dianjurkan nabiyullah Muhammad SAW. Dengan badan yang sehat, saya, Anda dan kita semua akan lebih nyaman saat beribadah. Hindari pola hidup tidak sehat seperti rokok dan khamr, dan terapkan pola hidup sehat ala Rasulullah untuk jasmani dan rohani yang sehat. Lakukan setiap saat dan rasakan bedanya pada keadaan fisik masing-masing.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*