Cara Menghilangkan Iri dan Dengki Terhadap Sesama Manusia

Cara Menghilangkan Iri dan Dengki Terhadap Sesama Manusia

Hidup satu orang dengan orang lain memang berbeda. Terkadang kita merasa hidup kita tidak lebih baik dengan kehidupan orang lain yang mungkin lebih sukses dan lain sebagainya. Sifat iri dan dengki ini hampir ada pada hati setiap manusia namun terkadang kita tidak pernah menyadarinya. Mungkin dalam perkataan kita bisa terlihat iri namun ternyata di hati ada perasaan iri bahkan dengki,

Padahal sifat iri dan dengki ini bisa merusak hati dan jiwa kita sebagai manusia. Sifat yang buruk ini merupakan salah satu sifat yang bisa membuat kita menjadi jauh kepada Allah SWT. Sebagai manusia memang wajar memiliki keinginan untuk menjadi seperti orang lain sehingga menimbulkan sifat yang buruk ini bahkan jika dibiarkan, lama-lama akan berakibat buruk. Lalu bagaimana cara menghilangkan rasa iri dan dengki tersebut ?

Dengan Mencari Sisi Positif pada Diri Kita dan Bersyukur

Biasanya iri dan dengki ini muncul karena Anda melihat orang lain bisa lebih sukses, lebih pintar, lebih kaya dan lebih-lebih yang lain. Sifat yang seperti itulah yang bisa menutup diri kita untuk selalu bersyukur kepada Allah SWT, yang sebenarnya sudah memberikan berbagai kenikmatan pada diri kita sebagai manusia.

Setiap orang pasti memiliki sisi positif dan negatif pada kehidupannya. Akan lebih baik jika Anda tidak hanya melihat kelebihan orang lain dan memandang diri Anda ini kurang dibanding yang lain. Lihat apa yang Anda punya saat ini, bisa berupa keluarga yang bahagia, kesehatan yang baik, kebahagiaan batin, memiliki anak yang sehat, tidak kekurangan dalam makan, dan lain sebagainya. (Baca Juga : Mengapa Kita Harus Belajar Memaafkan?)

Hal yang positif ini harus Anda gali lebih dalam, jika Anda sudah menemukannya maka pasti Anda bisa bersyukur kepada Allah SWT karena ternyata Anda memiliki banyak sekali limpahan rahmat yang terkadang kita tidak sadari. Dengan bersyukur maka iri dan dengki akan berangsur-angsur hilang.

Berdoa dan Bekerja Keras

Untuk menghilangkan rasa iri dan dengki pada hati kita juga bisa dengan berdoa kepada Allah untuk melindungi diri kita dari sifat yang buruk tersebut. Selain itu juga sisipkan doa kepada orang yang Anda dengki tersebut dengan doa-doa yang baik. Doa yang baik tersebut akan memberikan energi positif pada diri Anda .

Setelah Anda bisa menerima keadaan dan bersyukur jangan sampai terlena. Orang yang sukses mungkin saja usahanya bisa lebih besar dari kita, sehingga ada baiknya kita juga selalu berusaha bekerja keras untuk tetap mendapatkan apa yang kita mau.

Anda harus bersyukur akan tetapi jangan membuat rasa syukur Anda menjadikan diri terlena dan lupa dengan tujuan kita sebenarnya, tetap bekerja keras dengan jalan yang baik.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*