Cara Mudah Agar Tidak Lapar dan Haus Saat Puasa

duniaislamku.com

Salah satu hal yang membedakan antara orang yang puasa dan tidak puasa adalah kegiatan menahan diri dari makan dan minum. Biasanya, menjelang siang rasa lapar dan haus ini akan semakin kuat dan terasa. Hal ini adalah hal yang wajar, mengingat bahwa pada saat siang hari puasa asupan nutrisi dan air dalam tubuh sudah lebih berkurang.

Nah, untuk mengurangi rasa lapar dan haus ini, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan:

1. Melakukan kegiatan yang bermanfaat

Puasa bukanlah hambatan untuk tetap melakukan aktivitas harian. Jadi, cobalah untuk tetap melakukan aktivitas harian seperti biasanya. Anda bisa melakukan bersih – bersih ruangan ataupun memberikan bantuan kepada orang lain. Selama hal tersebut bermanfaat, kenapa tidak?

Apalagi, pahala ibadah orang yang berpuasa juga akan dilipat gandakan sampai beberapa kali lipat. Karena itu, rasanya sayang jika Anda menyia – nyiakan kesempatan ini dengan melakukan hal – hal yang tidak bermanfaat.

2. Menonton film seru favorit Anda

Salah satu cara untuk membuat Anda lupa dengan rasa lapar dan haus adalah dengan menonton film favorit. Biasanya, satu film akan membutuhkan waktu sekitar 2 hingga 3 jam untuk ditonton secara utuh. Durasi ini tentu saja cukup untuk membuat Anda melupakan lapar sepanjang film berlangsung.

Akan tetapi, pastikan film yang Anda tonton juga adalah film yang bermanfaat ya. Jadi, bukan hanya dapat menahan rasa lapar dan haus, film tersebut juga dapat mengajarkan Anda sesuatu yang baru.

“Cara Mudah Agar Tidak Lapar dan Haus Saat Puasa”

3. Tidak melihat jam berulang kali

Salah satu cara ampuh untuk membuat Anda merasa lapar dan haus adalah dengan melihat jam berulang kali sambil menghitung berapa lama lagi waktu berbuka tiba. Karena itu, jika Anda ingin lupa dengan rasa lapar dan haus, cobalah untuk tidak melihat jam terlalu sering.

Waktu berbuka tetap akan datang pada waktunya. Dan meskipun Anda melihat jam berulang kali, waktu berbuka puasa tidak akan datang lebih cepat meskipun hanya satu menit lebih cepat.

4. Makan buah dan sayur lebih banyak

Buah dan sayur memiliki kandungan air dan serat yang tinggi dibandingkan dengan makanan lainnya. Anda bisa memperbanyak konsumsi buah dan sayur pada saat sahur dan berbuka. Dengan lebih banyak mengkonsumsi buah dan sayur pada malam hari puasa, Anda akan terhindar dari resiko dehidrasi dan juga akan merasa kenyang lebih lama. Akan tetapi, perhatikan juga untuk tidak memilih buah yang rasanya terlalu asam.

Baca Juga 7 Shahabiyah yang Jarang Dikenal Orang

5. Tidak terlalu banyak makan makanan asin dan manis saat berbuka

Salah satu kesalahan umum dalam berbuka puasa adalah dengan memulainya dari yang manis. Rasulullah mengajarkan kita untuk berbuka dengan kurma dan air putih. Anjuran untuk berbuka dengan yang manis bukanlah berasal dari hadits.

Selain itu, mengkonsumsi terlalu banyak makanan asin dan manis, apalagi pada saat waktu sahur akan membuat Anda merasa haus lebih cepat. Makanan asin juga dapat menyebabkan kekentalan cairan tubuh meningkat dan membuat Anda lebih mudah mengalami dehidrasi.

Nah, itulah 5 hal yang dapat Anda lakukan selama berpuasa. Meskipun tidurnya orang puasa juga bernilai ibadah, namun tidur pada siang hari bulan puasa dapat membuat Anda merasa bosan dan malah jadi teringat dengan makanan. Karena itu, cara terbaik untuk menahan haus dan lapar selama puasa adalah dengan melakukan berbagai kegiatan sepanjang hari, hingga tanpa terasa, Anda telah sampai di waktu berbuka.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *