Cari Tahu 7 Hal yang Membatalkan Puasa agar Puasamu Berkah

7 hal yang dapat membatalkan puasa.

Bagi orang islam, puasa adalah salah satu ibadah yang pahalanya besar. Selain di bulan Ramadhan, kadang kala seorang muslim juga melaksanakan puasa – puasa sunnah di beberapa waktu. Misalnya puasa di hari senin – kamis, puasa daud, puasa ayaumul bidh, puasa rajab, puasa syawal, puasa arafah, dan lain – lain.

Supaya puasa Anda berkah, tentu saja Anda harus mengetahui dulu hal – hal apa yang bisa membatalkan puasa. Jangan sampai tanpa sadar Anda malah melakukan sesuatu yang membatalkan puasa. Berikut ini adalah 7 hal yang membatalkan puasa yang perlu Anda ketahui supaya puasa Anda berkah:

1. Makan dan minum dengan sengaja

Banyak orang menganggap puasa adalah sekedar menahan diri dari rasa lapar dan haus. Dengan pemahaman paling dasar ini, tentu saja makan dan minum jadi hal paling utama yang dapat membatalkan puasa Anda.

Akan tetapi, ternyata tidak semua kegiatan makan dan minum dapat membuat puasa menjadi batal. Jika Anda melakukan makan dan minum tanpa sengaja atau lupa bahwa Anda sedang puasa, maka makan dan minum itu jadi tidak membatalkan puasa. Tapi jangan juga pura – pura lupa dan malah tetap asik main meskipun sudah diingatkan.

2. Berhubungan seksual

Selain menahan diri dari makan dan minum, puasa juga melatih seseorang menahan hawa nafsu. Termasuk melakukan hubungan seksual. Karena itu, jangan sampai Anda melakukan hubungan seksual pada waktu puasa.

Salah satu kesalahan yang sering terjadi adalah pasangan suami istri yang melakukan hubungan seksual saat hampir mendekati shubuh. Karena merasa tanggung, akhirnya kegiatan tersebut diselesaikan dan akhirnya lewat adzan subuh. Meskipun tidak disengaja, hal ini juga membatalkan pahala puasa. Jika Anda ingin melakukan hubungan dengan pasangan, pastikan Anda melakukannya jauh sebelum adzan subuh akan berkumandang.

3. Keluar air mani dengan sengaja karena bersentuhan

Keluarnya air mani dengan sengaja karena sentuhan atau kegiatan lainnya yang dilakukan selama berpuasa dapat menyebabkan puasa seorang laki – laki menjadi batal.

4. Perempuan yang mengalami haid atau nifas

Perempuan yang mengalami haid atau nifas pada siang hari saat berpuasa dapat membuat puasanya menjadi batal, namun tidak dikenakan hukuman atau dosa atasnya. Jika seseorang mengalami haid atau nifas saat sedang berpuasa Ramadhan, maka puasanya wajib diganti di hari lain.

5. Muntah disengaja

Pada zaman nabi, saat seorang sahabat tidak tahu apakah makanan sahur yang dimakannya halal atau syubhat, maka di siang hari mereka akan berusaha memuntahkannya sebagai upaya menjaga diri dari sesuatu yang syubhat. Hal ini memunculkan larangan muntah disengaja selama berpuasa.

Akan tetapi, jika muntahnya tidak dilakukan secara sengaja, maka hal itu tidak membatalkan puasa.

6. Gila atau hilang akal

Orang gila atau orang yang kehilangan akal akan menyebabkan puasa yang dilakukannya menjadi batal. Selain itu, orang yang gila memang tidak dihukumi kewajiban puasa atau kewajiban lainnya. Hal ini karena orang gila tidak memiliki kuasa atas apa yang ia lakukan.

7. Keluar dari islam

Orang yang keluar dari Islam tidak dikenai kewajiban puasa, karena kewajiban puasa hanya berlaku bagi orang islam dan mukmin saja. Karena itu, keluar dari Islam juga merupakan salah satu hal yang dapat membatalkan puasa seseorang.

Itulah 7 hal yang dapat membatalkan puasa. Banyak orang mengira bahwa menangis atau kentut di dalam air bisa membatalkan puasa. Tapi ternyata, dua hal tersebut hanya mitos dan tidak membatalkan puasa. Tentu saja kecuali Anda menelan air mata Anda atau meminum air dengan sengaja pada saat berenang.

Tags Artikel : 7 hal yang dapat membatalkan puasa.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*