Hikmah Puasa Arafah Lengkap Dengan Tata Caranya

duniaislamku.com

Puasa arafah merupakan salah satu puasa sunnah yang sangat dianjurkan atau dalam istilahnya disebut sunnah muakkad. Puasa ini dilakukan bagi semua kaum muslim yang sedang tidak menunaikan ibadah haji. Lantas bagaimana tata cara dan apa saja hikmah puasa arafah itu? Semuanya akan kita bahas disini secara lengkap dan jelas.

Waktu pelaksanaan puasa arafah yaitu pada tanggal sembilan Dzulhijjah. Tanggal 9 Dzulhijjah merupakan tanggal yang bertepatan dengan waktu wukuf bagi para jamaah haji. Tetapi puasa ini hanya khusus dilakukan bagi orang yang selain jamaah haji. Sementara bagi para jamaah haji tidak dianjurkan menjalankan puasa ini. Bagi anda yang menjalankan puasa arafah pada tanggal sembilan Dzulhijjah banyak sekali hikmah puasa arafah dan keutamaan yang bisa anda dapatkan. Di antaranya seperti yang kami jelaskan di bawah ini

Hikmah Puasa Arafah

1. Puasa Arafah Dapat Menghapuskan Dosa Selama 2 Tahun
Puasa Arafah adalah puasa sunnah yang dianjurkan. Menjalankan puasa ini mempunyai keutamaan yang sangat luar biasa. Seperti yang disebutkan dalam Hadits riwayat Muslim yang artinya “Rasulullah shallallahu alaihi wasallam pernah ditanya mengenai puasa hari Arafah. Dan beliau pun menjawab bahwa puasa itu bisa menghapus dosa 1 tahun yang lalu dan dosa 1 tahun yang akan datang. Demikianlah keutamaan dari menjalankan puasa arafah. Puasa ini bisa menghapus dosa selama 2 tahun yaitu dosa tahun sebelumnya dan sesudahnya.

2. Terkabulnya Doa
Salah satu hikmah yang bisa diambil dari puasa arafah yaitu doa yang kita panjatkan akan mustajab. Secara umum, doa orang yang berpuasa dikabulkan oleh Allah SWT. Apalagi ditambah dengan keutamaan pada hari arafah yang merupakan hari yang baik untuk berdoa. Sehingga akan semakin kuat keutamaan terkabulnya doa seseorang yang berpuasa arafah pada waktu itu.
Seperti hadits riwayat Tirmidzi yang menyatakan bahwa doa pada hari arafah adalah sebaik-baiknya doa. Itulah ucapan yang paling baik. Begitu pula yang nabi ucapkan sebelum aku yang Artinya: “Tidak ada tuhan selain Allah dan tidak ada sekutu bagi Allah. miliknya semua kerajaan dan segala pujian. Allah maha menguasai dari segala sesuatu.”

3. Membebaskan Dari Siksa Api Neraka
Sebagian ulama telah menjelaskan pembebasan dari api neraka ketika hari arafah diberikan oleh Allah bukan hanya bagi jamaah haji yang sedang menjalankan wukuf saja. Tetapi juga bagi kaum muslim yang tidak sedang berhaji. Terlimpahkan nya semua ampunan Allah kepada dosa selama 2 tahun lewat puasa arafah sangat berkaitan dengan keutamaan berpuasa sunnah pada bulan Dzulhijjah ini.
Dari HR Muslim menjelaskan bahwa “Diantara hari yang Allah banyak memberikan pembebasan kepada seseorang dari neraka adalah hari arafah. Allah akan mendekati mereka kemudian menampakan keutamaan mereka kepada para malaikat, Lalu Allah berfirman ,“Apa yang mereka inginkan?”

4. Hidup Berkah dan Mati Khusnul Khotimah
Allah akan memberikan keberkahan bagi orang yang berpuasa arafah pada kehidupannya. Ditambahkannya harta serta dijaminnya kehidupan rumah tangga yang dijalaninya. Segala dosa akan dibersihkan dari dirinya dan semua kesalahan yang sudah lalu. Serta dilipatgandakan amal ibadah yang telah dilakukannya. Selain itu orang yang berpuasa juga akan dimudahkan kematiannya. Selama di alam barzah, kubur mereka akan diterangi dan memberatkan timbangan amal baiknya saat di padang mahsyar. Diselamatkan pula dari kejatuhan kedudukan saat berada di dunia. Serta dinaikkan martabatnya saat berada di sisi Alah.

Tata Cara Puasa Arafah

Untuk menjalankan puasa arafah ini terlebih dahulu diawali dengan niat di waktu malam hari sebelum terbit fajar. Lalu dilanjutkan dengan makan sahur yang menjadi salah satu sunah puasa. Bila dilakukan akan mendapat pahala tetapi jika tidak dikerjakan puasanya tetap sah. Menahan diri dari hal yang membatalkan puasa. Lalu berbuka puasa pada waktunya ketika matahari sudah terbenam dan masuk waktu salat magrib.

Bacaan Niat Puasa Arafah :

“Nawaitu shouma ‘arofah sunnata lillaahi ta’ala.”
Artinya: Saya niat puasa Arafah, sunnah karena Allah ta’ala.

Dengan banyaknya berbagai hikmah puasa arafah dan juga keutamaan yang diberikan nya. Tentu saja kita sebagai umat muslim harus memanfaatkan kesempatan tersebut. Ketika tanggal 9 Dzulhijjah, kita bisa melaksanakan puasa arafah agar mendapat keberkahan dalam kehidupan dan memperoleh semua keutamaan dari puasa arafah tersebut.

Tags Artikel ini : Hikmah Puasa Arafah, Tata Cara Puasa Arafah

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *