Inilah 7 Hikmah Puasa yang Perlu Anda Ketahui

Puasa Ramadhan bagi orang Islam adalah sesuatu yang wajb untuk dilakukan. Selama berpuasa, seorang muslim diwajibkan menahan diri dari makan dan minum juga berbagai kegiatan lain yang dapat membatalkan puasa.

Nah, sebenarnya, di samping mendapat pahala puasa, puasa juga mengajarkan kita berbagai hikmah. Beberapa hikmah puasa yang bisa dirasakan adalah:

1. Keseimbangan Hidup

Salah satu manfaat puasa adalah untuk melatih keseimbangan hidup. Pada hakikatnya, tujuan hidup seorang manusia adalah untuk beribadah kepada Allah. Akan tetapi, berbagai hal keduniawian seperti hawa nafsu, pekerjaan, dan lain – lain seringkali membuat seorang manusia jadi teralihkan dari tujuan hidup utamanya.

Puasa secara tidak langsung mengajak kita untuk kembali mengingat Allah dan mengisi waktu dengan memperbanyak ibadah. Apalagi saat berpuasa, pahala yang diberikan akan menjadi beberapa kali lipat.

2. Melatih untuk Disiplin Waktu

Puasa selama satu hari penuh membutuhkan energi yang cukup. Karena itu, orang yang berpuasa perlu menjaga kondisi tubuhnya agar tetap fit. Misalnya dengan beristirahat di waktu yang cukup. Selain itu, waktu sahur dan berbuka yang ditentukan menjadikan seseorang lebih menghargai waktu.

Waktu sahur pagi – pagi sekali juga melatih Anda untuk bangun lebih pagi agar sempat menikmati makan sahur sebelum berpuasa sepanjang hari.

Tags Artikel : 7 Hikmah Puasa yang Perlu Anda Ketahui

3. Lebih Peduli pada Sesama

Salah satu hikmah puasa adalah mengajarkan kita bagaimana rasanya tidak makan dan minum sepanjang hari. Hal ini membuat kita lebih mampu berempati kepada orang lain yang tidak seberuntung kita secara finansial.

Selama puasa, khususnya bulan Ramadhan juga biasanya banyak orang yang membagikan takjil atau makanan berbuka lainnya. Selain itu, selama puasa juga orang lebih banyak menghabiskan waktu di masjid. Dengan begitu, orang – orang secara tidak langsung akan lebih banyak berinteraksi dengan sesama dan menjadi lebih peduli.

4. Menemukan Tujuan Ibadah

Puasa juga menjadi membantu seseorang agar lebih mampu menahan diri dari hal – hal maksiat. Jika Anda berhasil menahan diri dari hal – hal maksiat, maka puasa Anda akan semakin menjadi bernilai. Sementara, jika Anda tetap tidak mampu menahan diri dari hal – hal maksiat, maka puasa Anda akan jadi sekedar menahan haus dan lapar saja.

5. Berhati – Hati dalam Bertindak

Puasa pada dasarnya bukan hanya tentang menahan haus dan lapar saja. Tapi juga menahan seluruh tubuh dari hal – hal yang bersifat maksiat. Mulai dari menjaga telinga dari yang haram, menahan mata dari pandangan yang haram, dan juga menahan perkataan dan perbuatan dari sesuatu yang dilarang Allah.

Baca Juga Manfaat Puasa yang Harus Anda Tahu

Dengan terbiasa menahan diri dari sesuatu yang haram, Anda juga akan terbiasa berhati – hati dalam melakukan tindakan. Jika Anda meneruskan kebiasaan ini, maka Anda akan merasakan peningkatan yang lebih positif dalam kehidupan keseharian Anda.

6. Ibadah Melalui Kegiatan Mulia

Selama puasa, setiap kegiatan yang dilakukan akan bernilai ibadah. Jika tidur saja menjadi ibadah, maka hal – hal lainnya juga termasuk ibadah. Termasuk berbagi dengan sesama, melangkahkan kaki ke masjid, tersenyum dengan tulus, ataupun belajar dan mendengarkan kajian.

7. Berlatih Lebih Tabah

Selama berpuasa, tanpa sadar Anda akan dilatih untuk lebih mampu menahan marah, buruk sangka, dan juga sabar terhadap berbagai hal yang Anda hadapi. Sehingga, dengan membiasakan puasa, Anda juga akan lebih mampu bersikap tabah dan sabar menghadapi berbagai persoalan hidup.

Nah, itulah 7 hikmah puasa yang bisa Anda dapatkan dengan terbiasa berpuasa. Dengan berbagai keutamaan tersebut, rasanya sayang jika meninggalkan ibadah puasa begitu saja kan?

Tags Artikel : 7 Hikmah Puasa yang Perlu Anda Ketahui

1 Trackback / Pingback

  1. #Ramadhan2019, #Ramadhan Berkah. – MoYa

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*