Jangan Sholat Dalam Kondisi Ini!

duniaislamku.com

Sholat adalah kewajiban setiap muslim. Dengan sholat, kita dapat mendekatkan diri kepada Allah tanpa perlu memandang kondisi duniawi. Sholat merupakan rukun Islam kedua setelah syahadat. Dimana syahadat adalah pernyataan keimanan kepada Allah, Al-Qur’an serta Nabi dan Rasulnya. Sementara Sholat adalah bentuk keimanan kita pada Allah sebagai wujud ketaatan seorang hamba kepada Rabbnya. Melalui sholat lah, Allah menunjukkan kepada manusia siapa yang menciptakannya serta menunjukkan jalan kepadanya.

Sholat yang lima waktu adalah ibadah yang wajib dilakukan. Oleh karena itu untuk melaksanakannya, ada syarat yang harus terpenuhi. Hal ini dimaksudkan agar sholat kita diterima oleh Allah SWT. Diantaranya yaitu bersih atau suci lahir dan batin, juga berakal atau tidak hilang kesadaran. Akan tetapi, ada beberapa kondisi yang tidak diperbolehkan oleh Islam untuk melakukan sholat. Beberapa kondisi tersebut adalah:

Pertama, Mabuk Karena Khamr

Mabuk menyebabkan seseorang kehilangan akal dan tidak sadarkan diri. Hal ini sebagaimana firman Allah dalam kutipan Qur’an Surat An-Nisaa ayat 43, yang artinya:

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mendekati sholat, sedang kamu dalam keadaan mabuk, sehingga kamu mengerti apa yang kamu ucapkan,”

Seseorang yang hilang akal tidak akan sah diterima sholatnya. Sholat dalam keadaan mabuk akan menyebabkan seseorang tidak menyadari apa yang akan di ucapkannya. Dalam keadaan mabuk, cara bicara seseorang akan tidak jelas. Hal ini dikhawatirkan membuat seseorang salah membaca bacaan sholat juga gerakannya. Akan tetapi, jika mabuknya disengaja, maka sholatnya harus di qadha saat sadar.

Kedua, Junub

Junub adalah hadas besar yang untuk membersihkan harus mandi dulu. Sebab syarat sah diterimanya sholat adalah bersih dan suci. Dalam Qur’an Surat An-Nisaa ayat 43 Allah berfirman:

“(jangan pula hampiri masjid) sedang kamu dalam keadaan junub, terkecuali sekedar berlalu saja, sehingga kamu mandi.”

Orang yang junub baru boleh melaksanakan sholat jika sudah mandi dan bersuci, agar sholatnya di terima. Sebagaimana dikatakan Rasulullah SAW dalam hadis riwayat Muslim, yang artinya:
“Tidak diterima shalat tanpa bersuci.”

Baca Juga 5 Amalan Unggulan yang Harus Dimiliki Seorang Muslim

Ketiga, haid dan nifas bagi perempuan

Darah haid dan nifas adalah darah kotor. Oleh karena itu, perempuan yang sedang berada di masa haid atau nifasnya tidak boleh melaksanakan sholat sampai selesai haid atau nifasnya. Setelah haid atau nifasnya selesai, perempuan harus mandi kemudian bersuci terlebih dahulu agar sholatnya sah dan diterima.

Keempat, Mengantuk

Jika rasa kantuk menyerang saat waktu sholat sudah tiba, lebih disarankan untuk beristirahat sejenak agar rasa kantuknya hilang. Baru kemudian mengerjakan sholat setelahnya. Dalam hadis riwayat Bukhari, Rasulullah SAW bersabda:

“Apabila kalian ngantuk dan ingin sholat, hendaklah tidur terlebih dahulu supaya rasa kantuknya hilang.”

Hal ini boleh dilakukan dengan syarat waktu sholatnya lama serta yakin bahwa diri dapat bangun sebelum sholatnya habis. Jika khawatir tidak dapat bangun cepat atau waktu sholat yang terbatas, maka sebaiknya sholat terlebih dahulu.

Pendapat lain mengatakan, bahwa dalil tersebut di atas berlaku untuk waktu sholat tahajud atau qiyyamul lail. Sebab waktu pelaksanaanya adalah di sepertiga malam, saat orang-orang beristirahat.

Kelima, menahan hajat dan lapar

Tidak dianjurkannya melaksanakan sholat dalam kondisi menahan hajat dan lapar, sebab dapat membuat sholat tidak khusyu. Jika sedang kebelet, sebaiknya diselesaikan dahulu urusannya. Demikian juga jika menahan lapar, sedangkan makanan sudah tersedia. Pastikan untuk makan terlebih dahulu, sekedar mengurangi rasa lapar, agar sholatnya fokus.

Nah, itulah beberapa kondisi dimana sholat sebaiknya tidak dilakukan atau tidak usah dilakukan. Beberapa kondisi adalah kondisi yang merupakan bagian dari takdir, sementara kondisi lainnya adalah kondisi yang bisa Anda kondisikan supaya sholat Anda bisa lebih khusyu dan fokus.

8 Komentar

5 Trackbacks / Pingbacks

  1. 3 Shalat Sunnah Utama yang Sayang Dilewatkan | Dunia Islamku
  2. personalized birthstone necklace
  3. ko en茅 d谩mske pe艌a enky
  4. oakland university mama bear shirt
  5. reloj emporio armani mujer cron贸grafo joyer铆a de moda

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*