Manfaat Muhasabah dan Cara Melakukan Muhasabah

duniaislamku.com

Sebagai seorang muslim, kita harus berusaha untuk menjadi lebih baik dari hari ke hari. Seseorang yang hari ini sama dengan hari kemarin, maka bisa dikatakan bahwa orang tersebut merugi. Apalagi jika hari ini tidak lebih baik dari hari kemarin.

Untuk itu, seorang muslim sebaiknya mengadakan muhasabah secara rutin. Dengan bahasa lain, muhasabah juga bisa berarti evaluasi. Melihat apakah yang kita lakukan hari ini sudah lebih baik dari kemarin atau belum. Di samping itu, muhasabah juga menjadi sarana untuk membuat rencana agar hari esok jadi lebih baik dibandingkan dengan hari ini.

Pengertian Muhasabah

Dalam Qur’an surat al-Hasyr ayat 18 dikatakan:

“Hai orang – orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaknya setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

Melalui ayat ini, kita dapat memahami bahwa muhasabah atau evaluasi yang dilakukan oleh seorang muslim adalah untuk mempersiapkan hari esok yang jauh, yaitu akhiratnya. Karena itu, aspek dalam cara melakukakn muhasabah akan lebih menitik beratkan kepada evaluasi kebaikan keburukan yang dilakukan dalam berbagai segi kehidupan.

Apakah yang seorang muslim lakukan itu sudah bernilai pahala, atau masih banyak yang merupakan dosa? Dari sini, maka seorang muslim dapat menentukan bagaimana langkah – langkah ke depan yang akan ia lakukan.

Manfaat Muhasabah

Karena bertujuan untuk menjadi lebih baik dari hari sebelumnya. Muhasabah juga akan memberikan manfaat yang baik kepada orang yang melakukannya. Berikut ini adalah beberapa manfaat muhasabah yang perlu Anda tahu:

1. Tidak takabur dengan amal yang dilakukan

Seseorang yang melakukan muhasabah akan menyadari bahwa dirinya masih banyak melakukan dosa. Akan menyadari bahwa apa yang ia lakukan masih banyak yang harus diperbaiki di hari esok. Dengan begitu, orang yang melakukan muhasabah tidak akan bersikap takabur terhadap amal kebaikan yang sudah ia lakukan.

2. Lebih baik memanfaatkan waktu

Muhasabah membuat seseorang menyadari betapa terbatasnya waktu yang ia miliki. Dengan begitu, ia akan lebih hati – hati dalam memanfaatkan waktu dan lebih mampu untuk menggunakan waktunya dengan lebih efektif.

3. Terus meningkatkan kualitas diri

Orang yang rutin melakukan muhasabah akan tahu bagian mana dalam dirinya yang masih bisa dikembangkan. Dengan begitu, seseorang yang rutin melakukan muhasabah akan secara rutin meningkatkan kualitas dirinya perlahan – lahan.

4. Jadi lebih bersyukur

Orang yang melakukan muhasabah juga akan melihat bahwa dari hari ke hari kualitas dirinya berkembang semakin baik. Hal ini akan membuatnya bersyukur atas pencapaian dan juga rezeki yang Allah berikan padanya berupa kemudahan dalam melakukan sesuatu.

Cara Melakukan Muhasabah

Cara melakukan muhasabah sebenarnya tidak terlalu sulit. Anda bisa melakukannya di akhir hari sebelum pergi tidur. Caranya adalah dengan melakukan beberapa hal ini:

1. Korekdi diri dalam hal ibadah

Apakah ibadah wajib yang dilakukan sudah baik atau masih memiliki kekurangan. Jika masih, maka hari esok menjadi kesempatan untuk meningkatkan hal tersebut. Jika dirasa cukup, maka Anda bisa menambahkan ibadah sunnah sebagai pelengkap.

2. Koreksi diri dalam hal halal haram

Selanjutnya, ingat – ingatlah apakah Anda sudah bisa sepenuhnya meninggalkan yang haram hari ini? Atau apakah yang Anda lakukan hari ini sudah sepenuhnya merupakan aktivitas yang halal?

3. Koreksi diri atas kelalaian

Kadang kala, ada saja waktu yang terbuang dengan sia – sia. Malam ini, cobalah evaluasi apakah waktu yang Anda gunakan sudah cukup efektif dan tidak ada yang sia – sia? Jika masih, Anda bisa membuat rencana agar penggunaan waktu di hari esok jadi lebih efisien.

4. Koreksi diri dalam niat

Manusia adalah hal yang lemah, apalagi dalam niat yang sifatnya sangat abstrak dan mudah sekali berubah. Cobalah lakukan muhasabah apakah kegiatan yang Anda lakukan hari ini sudah diniatkan ibadah untuk Allah atau belum. Jika belum, maka Anda bisa belajar mengistiqomahkan niat Anda agar hanya bertujuan untuk ibadah kepada Allah.

Itulah beberapa hal tentang muhasabah yang perlu Anda tahu. Dengan melakukan muhasabah secara rutin, maka perlahan – lahan Anda akan menjadi bagian dari orang – orang yang beruntung. Yaitu orang yang semakin baik dari hari ke hari.

Tags Artikel : Manfaat Muhasabah dan Cara Melakukan Muhasabah.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *