Manfaat Puasa yang Harus Anda Tahu

duniaislamku.com

Bagi seorang muslim, menjalankan puasa adalah sesuatu yang sudah biasa dilakukan. Setidaknya, dalam satu tahun seorang muslim pasti akan menjalankan puasa selama satu bulan penuh pada saat bulan Ramadhan tiba. Selain puasa Ramadhan, banyak juga puasa sunnah yang bisa Anda lakukan. Misalnya puasa asyura, puasa senin – kamis, puasa Dawud, dan berbagai puasa lainnya.

Puasa merupakan ibadah yang paling ikhlas. Artinya, yang benar – benar tahu apakah Anda berpuasa hanyalah Anda dan Allah. Sebagai contoh, orang lain baru akan mengetahui apakah Anda berpuasa atau tidak jika pada saat waktu makan Anda tidak memakan apapun. Di sisi lain, Anda bisa saja mengatakan pada orang lain bahwa Anda berpuasa, lalu makan diam – diam. Siapa tahu kan?

Karena itu, tidak heran kalau puasa menjadi salah satu ibadah yang memiliki pahala besar. Selain pahala, sebenarnya masih ada banyak manfaat yang akan didapatkan oleh orang yang berpuasa. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan melakukan puasa:

1. Menurunkan berat badan

Selama berpuasa, tentu saja Anda akan mengurangi jumlah makanan yang Anda konsumsi. Sementara aktivitas yang Anda kerjakan tetap akan berlangsung seperti biasanya. Bagi Anda yang ingin menjalankan diet sehat, puasa bisa menjadi salah satu alternatif diet yang bisa Anda pilih.

Banyak riset juga yang menunjukkan bahwa puasa merupakan cara yang cukup efektif dalam membakar lemak tubuh dibandingkan dengan diet biasa. Selama puasa, tubuh secara otomatis akan menggunakan lemak tubuh sebagai sumber utama energi.

2. Meningkatkan sensitivitas insulin

Dengan melakukan puasa secara rutin, tubuh juga akan memiliki efek yang lebih positif terhadap sensitivitas insulin. Dengan begitu, tubuh akan memberikan toleransi yang lebih baik terhadap karbohidrat atau gula.

3. Meningkatkan metabolisme

Selama puasa, sistem pencernaan akan mengalami istirahat. Dengan begitu, energi pada metabolisme dapat bekerja lebih efisien dalam membakar kalori. Puasa juga membantu memperbaiki pencernaan sehingga fungsi usus menjadi lebih sehat dan metabolisme tubuh juga akan berjalan dengan lebih baik.

4. Memperpanjang usia

Tidak banyak orang yang tahu bahwa semakin sedikit Anda makan maka harapan hidup Anda juga akan semakin tinggi. Dengan melakukan puasa secara rutin, tubuh akan berada dalam kondisi yang tetap muda, sehingga menyebabkan metabolisme tubuh juga lebih baik. Selain itu, puasa juga akan memperkecil resiko kesehatan yang mungkin akan Anda alami.

5. Meningkatkan fungsi otak

Puasa juga bermanfaat untuk meningkatkan produksi protein yang disebut brain-derived neurotrophic factor (BDNF). Protein ini membantu meningkatkan fungsi otak dan mencegah penyakit Alzheimer dan Parkinson.

6. Meningkatkan sistem imun

Puasa juga dapat membantu tubuh mengurangi kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas, mengatur kondisi peradangan, dan mencegah pembentukan sel kanker. Hal ini merupakan naluri primitif, ketika tubuh Anda sakit dan Anda mengurangi makan yang tidak perlu, maka tubuh dapat lebih fokus terhadap penyembuhan infeksi yang terjadi dalam tubuh.

7. Mencerahkan kulit dan mencegah jerawat

Puasa secara tidak langsung juga membantu proses detoksifikasi tubuh. Dengan melakukan puasa selama satu hari, tubuh akan lebih mampu membersihkan racun dan mengatur fungsi organ tubuh dengan lebih baik. Dengan begitu, wajah akan terlihat lebih cerah dan jerawat juga lebih kecil kemungkinan untuk muncul.

Nah, itulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh orang yang berpuasa. Karena itu, sudah sewajarnya jika seorang muslim yang rajib berpuasa memiliki badan yang sehat dan bugar.

Tags artikel : Apa saja manfaat puasa?. Manfaat Puasa yang Harus Anda Tahu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *