Mulailah Untuk Menahan Amarah Agar Hidup Lebih Nyaman

Mulailah Untuk Menahan Amarah Agar Hidup Lebih Nyaman

Amarah bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Tak banyak orang yang mampu mengendalikan amarahnya, bahkan di tempat umum. Bukan menjadi rahasia lagi bahwa saat ini sering terjadi pembunuhan atau yang lainnya akibat amarah dan dendam yang tak bisa diredam.

Perlu Anda ketahui bahwa marah bukanlah hal yang baik. Selain menimbulkan dendam yang berkepanjangan dan memutus tali silaturahmi, amarah juga tak baik untuk kesehatan. Amarah dapat menimbulkan berbagai penyakit seperti sakit kepala, stres, atau bahkan penyakit jantung.

Mulai hari ini, berusahalah untuk menahan amarahmu agar hidup senantiasa sehat. Sejarah apapun Anda pada suatu keadaan atau seseorang, jangan jadikan amarah berkuasa di dalam diri. Amarah merupakan godaan setan yang tentunya akan sulit untuk ditandingi. (Baca Juga : Mulailah Untuk Belajar Ikhlas)

Namun Anda harus tahu bahwa amarah juga bisa Anda lawan. Lalu bagaimana caranya? Dalam hadis riwayat Thabrani telah dijelaskan bahwa “Janganlah marah, bagimu surga”. Sungguh besar kuasa Allah bagi orang-orang yang mampu menahan amarah. Jika emosi telah menguasai, ada baiknya Anda melakukan hal-hal berikut.

  1. Sesegera mungkin meminta pertolongan dan perlindungan kepada Allah dari godaan setan yang telah membuat amarahmu meningkat. Seperti kutipan dalam hadis riwayat Bukhari yang menjelaskan bahwa “… Jika dia membaca ta’awudz: A’-uudzu billahi Minas syaithanir rajiim, marahnya akan hilang.”

  2. Lebih baik diam dan jaga lisan. Jika Anda sedang dalam keadaan marah, ada baiknya Anda diam, dan menjaga lisan untuk tidak mengucapkan sesuatu. Kita tidak akan tahu apa yang akan keluar dari mulut kita ketika sedang marah. Sebaiknya diam dibanding berbicara namun menyakiti hati lawan bicara.

  3. Selalu mengingat bahwa marah itu dilarang. Jika emosi mulai timbul dalam diri Anda, segera mengingat bahwa marah itu tidak baik, dan selalu ingat mengenai hadits tentang amarah. Balasan surga menantimu jika engkau bisa menahan amarah.

  4. Segera membasuh diri dengan air seperti berwudhu atau mandi. Seperti yang telah diketahui sebelumnya bahwa amarah itu datangnya dari setan, dan pastinya Anda tahu bahwa setan terbuat dari api. Api tentunya akan kalau dengan air. Ketika amarah menguasai dirinya, segeralah mengambil air wudhu atau langsung mandi agar amarah segera hilang.

Bagaimana, sudah mengetahui mengenai berbagai hal yang harus Anda lakukan ketika amarah mulai menguasai diri? Jangan pernah memberikan kesempatan untuk amarah masuk dalam dirimu. Perbanyak istighfar dan membaca ta’awudz ketika emosi mulai timbul dalam dirimu. Jadikan dirimu lebih tenang dalam melakukan berbagai aktivitas. Jika ada sesuatu yang berjalan tidak sesuai dengan harapan, jadikan itu sebagai pembelajaran, bukan untuk menimbulkan emosi. Semoga informasinya bermanfaat.

1 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*