Perhatikan Hal Ini Supaya Puasa Jadi Berkah

duniaislamku.com

Puasa selama 8 jam memang seringkali membuat badan jadi cukup lemas. Pada saat – saat seperti itu, adzan maghrib sebagai penanda waktu berbuka jadi hal yang paling dinanti. Tapi, rasanya sayang sekali kan kalau puasa Anda jadi sekedar menahan rasa lapar dan haus saja? Apalagi selama seseorang berpuasa, Allah akan melipat gandakan ibadah yang orang itu lakukan.

Nah, supaya puasa Anda jadi lebih berkah dan bernilai, hal – hal berikut ini sangat bagus untuk Anda lakukan:

1. Meningkatkan Kualitas Sholat

Selama berpuasa, sholat wajib 5 waktu tentu saja adalah hal yang sudah pasti akan Anda lakukan. Tapi jangan berpuas diri hanya dengan sholat 5 waktu saja. Jika biasanya Anda sholat sekedar sholat, selama puasa, cobalah untuk meningkatkan level sholat Anda dengan melakukannya di awal waktu.

Selain itu, Anda juga bisa menaikkan kualitas sholat Anda dengan memperbanyak sholat lainnya. Mulai dari shalat rawatib setelah shalat wajib, sholat dhuha, hingga shalat tahajud dan witir di penghujung hari. Dengan begitu, puasa Anda akan lebih bernilai dan kedekatan dengan Allah juga akan lebih terasa.

2. Bersedekah Kepada Sesama

Puasa adalah sebuah cara untuk mengajarkan arti perjuangan dan empati kepada sesama manusia. Dengan melakukan puasa, selama setidaknya 8 jam Anda akan merasakan apa yang biasa dirasakan oleh orang – orang yang kurang beruntung secara harta. Seperti orang – orang fakir dan miskin.

Jika Anda memiliki harta berupa uang ataupun makanan, tidak ada salahnya berbagi dan bersedekah dengan sesama. Apalagi jika Anda bersedekah kepada orang yang benar – benar membutuhkan. Selain merasakan indahnya berbagi, Anda juga akan mendapatkan pahala yang berkali – kali lipat dan juga doa dari orang yang Anda beri.

3. Ikut Kajian di Masjid Terdekat

Apa yang biasanya Anda lakukan sambil menunggu waktu berbuka? Jika biasanya Anda menunggu waktu berbuka sambil bermain game online atau tidur, cobalah untuk mengganti hal itu dengan mengikuti kajian di masjid terdekat.

Selain di masjid, Anda juga bisa mengikuti majlis ilmu lain yang dapat memberikan wawasan tambahan pada Anda. Selain itu, dengan mengikuti kajian Anda juga mungkin akan menemukan hal baru yang sebelumnya belum pernah Anda ketahui.

4. Banyak Berdoa Baik

Orang yang berpuasa, doanya akan lebih mudah dikabulkan oleh Allah. Karena itu, manfaatkan waktu ini untuk berdoa sebanyak – banyaknya. Mulai dari mendoakan diri sendiri, orang – orang yang Anda sayangi, dan orang – orang terdekat Anda. Siapa tahu, doa Anda dikabulkan oleh Allah berkali – kali lipat dari yang Anda minta.

5. Mengaji

Mengobrol dan berdiskusi memang dapat memberikan Anda pemahaman baru, tapi jika obrolan Anda hanya sekitar membicarakan orang lain atau hal – hal yang kurang bermanfaat, akan lebih baik kalau Anda menggunakan waktu tersebut dengan mengaji.

Jika mungkin, Anda juga bisa membaca terjemahan ayatnya juga. Selain berpahala, hal ini juga akan membuat Anda semakin memahami apa yang Anda baca. Jika Anda bingung dengan maksud dari terjemahan al-Qur’an yang Anda baca, jangan sungkan untuk bertanya kepada orang yang lebih memahami hal tersebut. Misalnya ustad atau guru ngaji Anda.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar puasa yang Anda jalankan jadi lebih berkah dan tidak sekedar menahan lapar dan haus saja. Selain hal – hal tersebut, menurut Anda, apalagi kegiatan bermanfaat yang bisa dilakukan selama puasa? Silakan Komentar dibawah

Tags Artikel : Cara agar puasa menjadi lebih Berkah.

7 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*