Siapakah Sahabat Nabi Muhammad yang Dijamin Surga?

duniaislamku.com

Nabi Muhammad SAW memiliki banyak sekali sahabat dan shahabiyah. Rasulullah begitu memuliakan sahabat-sahabatnya. Selain itu, sahabat-sahabat Nabi memiliki posisi yang istimewa. Tidak hanya di mata manusia, tapi juga di hadapan Allah SWT. Karena keistimewaan yang dimilikinya, beberapa sahabat bahkan diberi jaminan surga oleh Allah SWT.

Berikut ini adalah para sahabat yang dijamin surga:

1. Abu Bakar Ash-Shiddiq

Abu Bakar termasuk orang pertama yang memeluk Islam. Abu Bakar pula yang menemani Hijrahnya Nabi Muhammad SAW ke Madinah. Ia juga yang membenarkan perjalanan Isra’ mi’raj yang dilakukan Rasulullah.

Sejak itu, Abu Bakar mendapat julukan Ash-Shiddiq, yang dipercaya sebab kejujurannya. Abu Bakar pernah membebaskan tujuh puluh budak muslim yang disiksa karena bertauhid. Selain itu, Abu Bakar merupakan ayah dari istri Rasulullah SAW, ‘Aisyah. Dengan kata lain, mertua dari Rasulullah. Setelah Rasulullah wafat, Abu Bakar menggantikan posisi beliau menjadi Khalifah.

2. Umar bin Khattab

Sahabat Nabi yang juga diberi jaminan masuk surga adalah Umar bin Khattab. Setelah Abu Bakar, Umar adalah khalifah. Pada masa kekhalifahannya, Umar memperluas wilayah kekuasaan Islam. Ia juga membentuk struktur pemerintahan, menetapkan tahun hijriah sebagai tahun umat Islam dan membangun masjid-masjid.

Umar bin Khattab adalah sahabat nabi yang ditakuti dan di segani. Tidak hanya oleh manusia, tapi juga oleh jin dan syaitan.

3. Utsman bin Affan

Utsman bin Affan, khalifah ketiga yang menjabat setelah Umar. Pada saat menjabat sebagai khalifah, Utsman membukukan Al-qur’an. Selain itu, ia juga memperluas wilayah kekuasaan Islam ke lebih banyak lagi wilayah dan negara. Hal lain yang dilakukan Utsman adalah membentuk tantara angkatan laut dan memperindah masjid nabawi yang terletak di Madinah.

Utsman merupakan seorang pedagang kaya yang dermawan. Banyak hartanya sudah disedekahkan di jalan Allah. Walau demikian, Utsman dikenal sebagai sosok yang pemalu. Utsman juga mendapatkan julukan dzunnurain, pemilik dua cahaya, sebab menikahi dua orang putri Rasulullah. Dua orang tersebut adalah Ruqayyah dan Ummu Kultsum.

Tags Artikel : 10 Sahabat Nabi Muhammad SAW yang dijamin Masuk Surga.

4. Ali bin Abi Thalib

Ali bin Abi Thalib merupakan Khalifah terakhir yang menjabat setelah Utsman. Berakhirnya masa kekhalifahan Ali, mengakhiri masa Khulafaurrasyidin. Ali juga termasuk golongan orang-orang yang pertama kali memeluk Islam.

Ali sendiri adalah keponakan yang juga menantu Rasulullah, sebab ia menikah dengan Fatimah Az-Zahra, putri Rasulullah. Dari pernikahan Ali dengan Fatimah, lahirlah dua cucu Rasulullah, Hasan dan Husein.

5. Thalhah bin Ubaidillah

Sahabat Rasulullah yang satu ini berasal dari suku Quraisy. Thalhah pernah menjabat sebagai penasihat Nabi Muhammad SAW. Thalhah syahid saat perang Uhud. Ketika itu, ia melindungi Rasulullah yang sudah terdesak. Padahal Thalhah sendiri saat itu penuh luka dan pergelangan tangannya terpotong.

6. Zubair bin Awwam

Zubair bin Awwam adalah sepupu Rasulullah. Ia juga termasuk ke dalam golongan as-sabiqunal awwalun, atau orang-orang yang pertama kali memeluk Islam. Zubair memeluk Islam pada usia yang sangat muda, yaitu pada usia 15 tahun.

Rasulullah pernah menyatakan kebanggaannya terhadap Zubair dengan mengatakan, “Setiap Nabi mempunyai pembela, dan pembelaku adalah Zubair”. Zubair pula orang pertama yang menghunuskan pedangnya di Jalan Allah.

Baca Juga : 8 Pintu Surga dan Cara Memasukinya

7. Abdurrahman bin Auf

Abdurrahman bin Auf termasuk golongan assabiqunal awwalun. Sahabat Nabi Shallalahu ‘alaihi wa sallam yang satu ini memiliki keahlian dalam bidang berbisnis. Karena keahliannya ini, Abdurrahman bin Auf juga turut memperjuangkan hartanya dengan bersedekah di jalan Allah.

8. Sa’ad bin Abi Waqqas

Sa’ad bin Abi Waqqas adalah sahabat nabi yang lain yang mendapatkan jaminan surga. Ia pernah ikut berperang melawan tantara Persia di Qadissyah sebagai pemimpin pasukan.

9. Sa’ad bin Zaid

Sa’id bin Zaid merupakan sepupu dekat Umar bin Khattab. Ia mendapatkan julukan Al-Aawar. Sa’id aktif ikut berjuang saat perang. Nyaris seluruh perang pernah diikutinya, kecuali perang badar. Karena saat itu Rasulullah memberikan tugas penting yang lain kepadanya.

10. Abu Ubaidillah bin Jarrah

Abu Ubaidillah adalah seorang Muhajirin dari kaum Quraisy. Abu Ubaidillah ikut serta dalam Hijrahnya Nabi Muhammad ke Madinah. Ia juga pernah dipilih oleh Khalifah Abu Bakar untuk memimpin Pasukan sebagai panglima perang saat melawan tantara kekaisaran Romawi.

Itulah 10 sahabat Nabi Muhammad yang sudah dijamin surga oleh Allah. Jika dilihat dari perjuangannya, wajar para sahabat tersebut dijamin surga. Mereka telah mengorbankan harta, jiwa, dan raganya di jalan Allah untuk kejayaan Islam.

Tags Artikel : 10 Sahabat Nabi Muhammad SAW yang dijamin Masuk Surga.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*